Kamis, 21 November 2019

Amien Rais Janjikan USD 100 Juta Buktikan Komisaris Freeport

"Amien Rais Janjikan USD 100 Juta Perlihatkan Komisaris Freeport , Jakarta - Sisa Ketua MPR Amien Rais janji memberi uang US$ 100 juta pada siapa yang bisa tunjukkan bila si dia pernah menggenggam jadi Komisaris PT Freeport Indonesia. Dia menyangkal pernah memiliki jalinan dengan perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu. BACA: Amien Rais Ingin Pertambangan Freeport Ditutup “Saya tekankan. Bila ada yang bisa tunjukkan aku komisaris Freeport, karenanya aku kasih US$ 100 juta,” kata Amien Rais di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis, 26 Juli 2018. Amien Rais mengaku sudah memiliki simpanan uang beberapa US$ 100 juta. Ia akan memberi penambahan ongkos untuk pengambilan hadiah di Yogyakarta sebesar Rp 100 juta. Walaupun menyangkal pernah tempati jabatan strategis di Freeport, Amien mengaku pernah dibawa ke daerah pertambangan Freeport pada 1996. Aku jadi eye witness seterusnya demikian rasa nasionalisme dan patriotisme aku itu betul-betul memang turun-naik, karena dengan mata kepala, aku bukan ahli pertambangan, aku tahu ini adalah penjarahan, ini seperti state above the state, negara di atas negara, karena sudah ugal-ugalan. Tapi anehnya kita tenang-tenang saja, kata Amien. Dalam diskusi di Gedung DPR itu, Amien Rais merekomendasikan agar pertambangan Freeport di Papua ditutup. Hal itu karena Freeport telah kerjakan kejahatan, lebih permasalahan lingkungan. Working Contract Freeport usai 2021, tapi ada klausal yang menjelaskan dapat diperpanjang sampai 2041. Aku berpendapat kontrak karya dengan Freeport seharusnya ditutup sekali untuk selamanya, titik, no extension, selesai, kata Amien. Amien menerangkan setelah Indonesia dibodohi oleh Freeport McMoran Inc sejak 1967 dengan penjarahan emas perak tembaga dan bebagai mineral lainnya. Ini terulang lagi kembali ke Juni lalu dengan narasi versi pemerintah. Bila Freeport telah kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Itu betul-betul kebohongan yang tidak ketulungan, lewat HoA Indonesia Freeport, papar Amien Rais. Pada 12 Juli 2018, Freeport McMoran Inc menyepakati pelepasan 51 persen saham anak usahanya, PT Freeport Indonesia pada Holding Industri Pertambangan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Induk usaha pertambangan pelat merah itu akan akhiri transaksi pembelian pada dua bulan ke depan. AUDREY ANGELICA LOHO I MUHAMMAD HENDARTYO "" "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar